Cara Budidaya Bawang Putih Dalam Pot

By | May 7, 2017

Cara BudidayaCara budidaya bawang putih rupanya sangat menarik perhatian masyarakat luas terutama kalangan ibu rumah tangga seiring dengan terus naiknya harga bawang putih di pasaran. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur yang penggunaannya selalu ada di setiap jenis masakan. Bawang putih seakan menjadi salah satu bumbu masakan yang utama karena bisa menyedapkan aneka jenis masakan hanya dengan menggunakan bumbu bawang putih saja. Namun karena harganya yang naik turun membuat para ibu rumah tangga berinisiatif untuk menanam sendiri bumbu dapur yang satu itu.

Beberapa Langkah Dalam Cara Budidaya Bawang Putih Dalam Pot

Untuk melakukan cara budidaya bawang putih bisa di lakukan dengan mudah meski hanya dengan menggunakan media tanam pot saja. Dan selain berfungsi sebagai bumbu dapur bawang putih juga memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Untuk melakukan budidaya bawang putih Anda bisa menggunakan pot atau polybag jika ternyata Anda memiliki kendala untuk menanam di lahan tanah secara langsung. Hasil dan kualitas penanaman di lahan tanah langsung dan dalam pot sama saja.

Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lalui dalam budidaya bawang putih.

  • Waktu penanaman

Bawang putih akan bisa tumbuh dengan baik jika Anda menanamnya pada saat matahari sedang bersinar. Hal ini di karenakan tanaman bawang putih harus mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya dengan baik.

  • Siapkan media tanam

Media tanam yang di gunakan untuk menanam bawang putih adalah dengan menggunakan campuran tanah dan pasir serta pupuk kandang yang merupakan media tanam dengan kombinasi yang terbaik dalam penanaman bawang putih. Tempatkan di sebuah pot atau polybag dengan jumlah yang cukup.

  • Penanaman

Bawang putih bisa di tanam dengan menggunakan dua cara yaitu dengan cara bawang putih yang bertunas (dengan cara menyimpannya di kulkas selama kurang lebih 1 minggu) dan cara yang kedua adalah dengan menanam bawang putih tanpa tunas yang bisa di lakukan hanya dengan mengupas kulit luar bawangnya saja. Tanam bawang putih ke dalam media tanam yang telah di siapkan dengan kedalaman sekitar 2-3 cm dengan posisi ujung yang runcing menghadap ke atas sehingga bawang putih bisa tumbuh dengan baik. Demikian beberapa langkah menanam bawang putih dalam cara budidaya.

Related posts: