Cara Mudah Merawat Sepatu PDL

By | December 6, 2016

sepatu pdlPernahkah Anda mengamati sepatu khusus yang digunakan anggota TNI? Dan pernahkah Anda mendengar istilah sepatu PDL? Ya, sepatu jenis ini merupakan sepatu yang sering digunakan anggota TNI atau POLRI ketika sedang melakukan dinas atau pekerjaan di luar kantor. Meskipun demikian, banyak juga masyarakat umum yang menggunakan sepatu jenis ini, terutama untuk kegiatan-kegiatan seperti hiking. Sepatu ini menjadi pilihan karena bahannya yang kuat dan tebal sehingga lebih mudah awet dan menghindarkan kaki dari bahaya seperti terkena benda-benda tajam. Karena sepatu ini cukup ‘khusus’, maka perawatannya pun juga harus lebih khusus dibanding sepatu jenis lain. Lalu bagaimana cara merawat sepatu ini dengan benar? Berikut penjelasannya.

Tips Merawat Sepatu PDL Dengan Mudah

Seperti pada sepatu kulit lainnya, perawatan sepatu jenis PDL ini tidak terlalu sulit dilakukan. Yang perlu dilakukan adalah penyimpannya, menghindari mencuci sepatu jenis ini dengan sabun dan menghindari penjemuran sepatu langsung di bawah terik matahari. Untuk pencucian, sepatu PDL cukup dibersihkan dengan lap dari bahan yang halus. Jangan dicuci dengan sabun karena dapat menyebabkan sepatu menjadi mudah kaku dan rusak. Cukup dilap lalu kemudian diangin-anginkan. Sebaiknya Anda menghindari penjemuran langsung di bawah terik matahari agar sepatu lebih awet dan tidak mudah kaku dan pecah-pecah. Setelah kering, simpan sepatu tersebut di tempat yang kering dan tidak lembap. Hal ini dilakukan untuk menghindari jamur yang dapat menempel di kulit sepatu.

Langkah selanjutnya adalah penyemiran. Menyemir sepatu ini dapat dilakukan setelah sepatu benar-benar kering dan dapat dilakukan sesering mungkin. Pakailah sikat sepatu yang lembut agar tidak merusak permukaan sepatu. Anda dapat menyemir sepatu sesering mungkin, baik saat akan dipakai maupun saat sedang disimpan. Semakin sering disemir, sepatu jenis ini akan menjadi lebih ringan dan tidak kaku lagi. Yang terakhir adalah ketika Anda selesai memakai Sepatu PDL untuk kegiatan di luar, segera bersihkan sepatu Anda, karena kotoran yang menempel dapat membuat sepatu Anda menjadi kaku.

Related posts: