Cara Tangani Anak Demam Tanpa Panik

By | February 5, 2017

tips kecantikanTidak ada orang tua yang merasa santai saja ketika melihat anaknya sakit, meskipun itu hanya berupa demam. Setiap orang tua terutama sang ibu, tentu akan begitu panik serta cemas apabila anaknya demam. Akan tetapi sebenarnya demam bukanlah sebuah hal yang perlu dicemaskan, bisa saja itu merupakan sebuah gejala. Sehingga apabila suatu hari nanti anak Anda demam, cobalah untuk tenang. Yang seharusnya dilakukan itu hanya berusaha untuk menurunkan panasnya. Tidak harus selalu memberikan obat demi menurunkan panasnya, pasalnya Anda bisa melakukan pengompresan dengan air yang dingin. Dengan teratur mengganti kompresan air dingin, maka lambat laun suhu tubuh sang anak juga akan jadi menurun.

Sembari menggantikan kompresan secara rutin, Anda pun harus memberikan selimut kepada anak. Pasalnya ketika mengalami demam, pasti tubuh anak Anda menjadi menggigil atau merasakan dingin. Sehingga coba berikan selimut, sehingga suhu tubuhnya akan merasa tetap hangat. Namun selain itu ada pula ketika demam, menjadikan tubuh merasa sangat panas. Jika anak Anda mengalami demam yang tipenya seperti itu, maka sekarang cobalah untuk membuat ruangan jadi lebih sejuk. Dengan begitu, setidaknya sang anak akan mendapatkan ruangan yang nyaman dan mengurangi tingkat kerewelan.  Jikalau anak yang sedang mengalami demam itu masih balita, maka jangan berhenti untuk berikan ASI. Ketahuilah bahwa ASI itu minuman terbaik bagi anak yang sedang mengalami gejala sakit.

Pasalnya dalam cairan ASI terkandung banyak zat yang membunuh kuman dalam tubuh sang anak. Selain itu, jikalau sudah selama beberapa hari namun demamnya tidak ada perubahan, sebaiknya bawa anak ke dokter. Sehingga Anda bisa memperoleh kepastian, apa penyakit yang sedang dirasakan oleh anak Anda. Pasalnya apabila dalam hitungan hari, namun demam tidak turun-turun, itu menandakan ada penyakit lain yang berada dalam tubuh anak. Sehingga Anda harus lebih serius dalam menanganinya, dengan memeriksakan keadaan kepada dokter anak. Sekian perawatan paling tepat saat anak sedang mengalami demam. Saran kami, jangan merawatnya dengan rasa panik. Pasalnya rasa panik yang dialami akan menjadikan Anda tidak bisa melakukan apa-apa.

Related posts: