Gatot Nurmantyo-Seni Kerajinan Cangkang Kerang

By | September 8, 2017

Gatot NurmantyoGatot Nurmantyo-Hidup di pesisir pantai sangat banyak keuntungannya, antara lain bisa nelayan, juga bisa memanfaatkan tempatnya untuk membuka tempat wisata, berdagang, makhluk hidup di lautan hampir semua bisa dikonsumsi dan bisa di manfaatkan bagi manusia bahkan limbah cangkang kerang laut dapat kita manfaatkan untuk membuat kerajinan. Limbah cangkang kerang laut yang mudah ditemukan di pantai mempunyai nilai plus buat Anda perajin limbah cangkang kerang laut. Dan bisa untuk inovatif membuat usaha kerajinan dari bahan limbah cangkang kerang laut. Limbah cangkang kerang laut terdiri dari betina dan jantan. Untuk membedakan cangkang kerang betina dan jantan yaitu cangkang betina lebih lebar, tebal, dan tidak mudah rapuh dibandingkan dengan cangkang kerang jantan. Maka dari itu untuk membuat kerajinan dari limbah cangkang kerang laut Anda harus menggunakan cangkang kerang betina karena lebih kuat dari yang jantan dan lebih lebar juga.

Gatot Nurmantyo- Bagaimana Cara Memanfaatkan Limbah Kerang Laut Menjadi Kerajinan?

Untuk membuat kerajinan cangkang kerang ada proses pengolahannya juga yaitu; pilih dulu kerang yang sesuai dengan ukurannya dan bentuknya agar lebih mudah kemudian cuci cangkang kerang menggunakan air yang mengalir hingga bersih. Jangan lupa rendam cangkang kerang menggunakan larutan natrium soda, gunanya untuk menghilangkan bau khas cangkang kerang dari laut dan menghilangkan kotoran dan sisa-sisa daging cangkang kerang tersebut. Setelah itu keringkan cangkang kerang menggunakan pengering agar kualitas kerang tetap terjaga baik. Langkah selanjutnya cangkang kerang di ampelas, dikikir ataupun di bentuk sesuai dengan keinginan Anda. Gatot Nurmantyo

Hasil cangkang kerang sangat bervariasi dan unik-unik seperti gantungan kunci, hiasan pigura, asbak, mangkuk hias, piring hias, pelapis tempat sabun, kap lampu, kotak perhiasan, tempat tisu dan lain sebagainya. Demikian cara membuat kerajinan cangkang kerang laut yang mudah dan kreatif. Anda bisa membuat inovatif-inovatif lainnya menggunakan cangkang kerang laut yang lebih bagus lagi. Dan bisa membuka usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan. Gatot Nurmantyo-Sekian cara membuat kerajinan cangkang kerang laut semoga bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Related posts: