Grosir Telur Ayam: Membedakan Telur Bagus

By | October 5, 2017

Grosir telur ayamBanyak orang yang membeli telur dalam jumlah yang banyak dan menyimpannya di kulkas sebagai stok makanan mereka sehari-hari. Banyak pula karena hal itu, mereka membuang telur yang terlalu lama disimpan kulkas yang membusuk karena mereka tidak memasaknya dengan cepat. Untuk menghindari hal itu, ada tips dari grosir telur ayam yang bisa membantu Anda dalam menentukan bahwa telur tersebut masih bagus atau tidak.

Tips Grosir Telur Ayam: Cara Mengetahui Telur Yang Bagus Dengan Dikocok Atau Diteropong

Terdapat banyak cara untuk mengetahui apakah telur tersebut masih segar atau tidak. Salah satu caranya yaitu dengan mengocoknya atau meneropong telur tersebut. Tips pertama dari grosir telur ayam yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengocoknya atau mengguncangnya dan mendengar suaranya. Ambil sebuah telur ayam, lalu kocoklah telur tersebut di dekat telinga Anda. Jika Anda tidak mendengarkan suara apa-apa, maka telur tersebut masih fresh. Namun, jika Anda mendengarkan bunyi yang menandakan di dalam telur tersebut ada rongganya, maka telur tersebut sudah tidak fresh lagi. Oleh karena itu, pilihlah telur yang tidak memiliki suara ketika Anda mengocoknya tersebut.

Di samping itu, Anda juga bisa mengetahui apakah telur tersebut masih layak untuk dikonsumsi atau tidak, dengan meneropong telur tersebut. Anda bisa menyiapkan lampu pijar untuk membantu Anda dalam melihatnya. Lalu, tempelkan bagian telur yang lebih besar dan Anda bisa melihat bagian dalam telur dengan jelas. Yang harus Anda perhatikan: rongga udara, diujung telur, harus kecil, semakin kecil menandakan telur tersebut masih fresh; kulit telur berpori-pori kecil dan mulus; tidak ada noda yang terlihat dalam telur; dan juga kuning telur berada di tengah dan tidak bebas bergerak kemana saja. Itu semua menandakan bahwa telur tersebut masih fresh. Anda harus tahu bahwa semakin lama telur itu disimpan, maka semakin besar pula rongga udara yang ada dalam telur tersebut dikarenakan adanya proses penguapan. Itulah tips kedua dari grosir telur ayam yang bisa Anda terapkan di rumah untuk memastikan semua telur yang beli dimakan semua.

Related posts: