Jangan Sepelekan! Inilah Prosedur Membeli Tanah

By | October 3, 2017

prosedur membeli tanahSekarang ini berinvestasi menjadi pilihan banyak orang karena mereka bisa memiliki tabungan masa depan untuk anak dan cucu mereka. Bicara mengenai hal yang satu ini Anda tentu tahu jika tanah menjadi salah satu cara investasi yang tepat karena harganya yang makin tinggi setiap saat. Maka dari itu info tentang prosedur membeli tanah berikut tentunya sangat penting untuk dipahami khususnya bagi Anda yang ingin melakukan pembelian maupun penjualan tanah. Seperti yang kita tahu bahwa Anda tidak bisa asal membeli ataupun menjual sebidang tanah karena harus ada berbagai macam dokumen yang dilengkapi. Jelas hal tersebut tidak boleh disepelekan karena tanpa dokumen yang lengkap Anda bisa mendapatkan masalah terkait dengan jual beli tanah itu.

Prosedur Membeli Tanah Yang Harus Dilakukan

Untuk Anda yang belum tahu mengenai prosedur membeli tanah, kini Anda tidak perlu repot mencari infonya karena berikut adalah prosedur yang wajib dilakukan oleh penjual maupun pembeli tanah. Lantas apa saja prosedur dalam pembelian tanah? Yang pertama ialah Anda harus menyiapkan data penjual terlebih dahulu. Mengenai data penjual, dokumen yang wajib dilengkapi seperti KTP, KK, surat nikah, dan NPWP. Data pembeli dalam hal ini juga tidak boleh terlupa agar proses pembelian tanah menjadi jelas. Selain itu kelengkapan dokumen tanah seperti sertifikat, bukti PBB dan lainnya harus dilengkapi juga. Jangan sampai sertifikat ataupun dokumen tanah tidak disiapkan karena hal tersebut merupakan dokumen penting dalam jual beli tanah.

Mengenai prosedur selanjutnya yaitu pembuatan AJB atau Akta Jual Beli. Biasanya AJB dibuat di kantor PPAT dan diketahui oleh notaris. Untuk itu Anda sebaiknya memilih notaris yang telah terpercaya untuk menangani pembuatan akta tersebut. Apabila prosesnya telah selesai kini saatnya Anda datang ke kantor pertanahan dan melakukan balik nama kepemilikan tanah. Tentu saja kelengkapan dokumen seperti bukti pembayaran, sertifikat tanah dan lain-lain harus disiapkan terlebih dahulu. Apabila prosesnya telah selesai maka Anda telah mengikuti semua prosedur membeli tanah. Dengan begitu proses jual beli tanah telah selesai.

Related posts: