Langkah-langkah Model Pembelajaran Model Problem Based Learning

By | October 10, 2016

model PembelajaranLangkah-langkah model pembelajaran adalah salah satu penentu di mana sebuah proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan baik atau tidak. Meski kurikulum yang ada terus berubah, namun kini adalah saatnya kurikulum 2013 yang kehadirannya membawa sejuta perubahan dalam dunia pendidikan yang ada. Ada banyak sekali hal yang harus dipelajari dalam kurikulum 2013 sehingga bahkan mungkin memerlukan workshop secara khusus untuk para guru yang masih merasa kebingungan dengan adanya perubahan kurikulum tersebut. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum 2013 adalah model Problem Based Learning.

Beberapa Langkah-langkah Model Pembelajaran Problem Based Learning

Menurut sebuah penelitian, dengan menuntun siswa memecahkan sendiri masalah yang sedang dihadapinya akan sangat membantu siswa untuk bisa menghadapi masalahnya dengan cara yang lebih dewasa dan bijaksana. Dalam model belajar problem based learning, kita akan menggunakan model masalah yang asli sehingga bisa diuji dari ingatan berpikir sekaligus bisa berfokus pada masalah nyata dengan cara kerja kelompok, umpan balik, diskusi dan laporan akhir tahun. Semua itu bisa Anda dapatkan di dalam langkah-langkah model pembelajaran.

Di bawah ini adalah beberapa langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning.

  • Orientasi masalah

Pendidik meminta para siswa untuk lebih berfokus pada masalah yang sedang dihadapi sehingga bisa diamati dengan seksama untuk dijadikan bahan pembelajaran yang bermanfaat. Selain itu siswa juga akan dituntun untuk mengorganisasikan kegiatan pembelajaran agar supaya peserta didik bisa mengutarakan pertanyaan atau interupsi tentang hal yang sedang dibahas tersebut.

  • Bimbing penyelidikan

Dengan melakukan bimbingan penyelidikan secara mandiri dan kelompok merupakan cara siswa dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Dengan menggunakan model belajar ini siswa bisa terbantu untuk menyelesaikan masalahnya dengan kepala dingin.

  • Evaluasi

Hal yang terakhir adalah evaluasi dari proses analisis dan pemecahan masalah yang bisa di atasi. Data bisa Anda dapatkan dengan cara mengembangkan dan menyajikan hasil karya yang dihasilkan oleh mereka sendiri sehingga data yang diperoleh adalah data yang benar-benar akurat. Demikian beberapa hal yang terkait dengan langkah-langkah model pembelajaran.

Related posts: