Manfaat Kunyit Dalam Bidang Kecantikan

By | June 3, 2017

tips kecantikanKunyit adalah salah satu bahan alam yang sangat banyak manfaatnya. Bahan yang satu ini menjadi salah satu rempah yang hidup di daerah tropis termasuk Indonesia. Tanaman yang satu ini menjadi salah satu bahan alam yang banyak digunakan untuk memasak dan juga digunakan dalam bidang pengobatan herbal. Kandungan senyawa yang bermanfaat pun tersedia begitu banyak dalam kunyit. Salah satu senyawa yang menjadi senyawa utama adalah kurkumin. Selain kurkumin, kunyit juga mengandung zat anti septik, vitamin C, dan berbagai macam senyawa bermanfaat lainnya. hal ini juga memuat kunyit banyak dimanfaatkan dalam bidang kecantikan.

Beberapa Manfaat Dan Cara Pemanfaatan Kunyit Dalam Bidang Kecantikan Adalah:

  1. Kunyit dipercaya dapat digunakan untuk mengontrol pembentukan produksi minyak berlebih. Cara pertama yang dilakukan untuk membuat masker kunyit adalah dengan mencampurkan 1 sendok bubuk kunyit (atau setara dengan tiga sendok perasan kunyit) dengan madu. Kemudian campuran diaduk hingga kental kemudian dioleskan pada wajah. Masker didiamkan selama 15 menit. Kemudian, wajah dicuci dengan menggunakan air hingga bersih. Sebaiknya jangan terlalu lama membiarkan kunyit menempel pada wajah, karena kunyit merupakan salah satu pewarna yang sulit dihilangkan.
  2. Bakteri dan kotoran yang menyumbat pori-pori dapat dibersihkan dengan masker kunyit, hal ini dapat membuat kunyit dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, produksi minyak yang berlebih pada wajah juga dapat dihambat dengan kunyit sehingga jerawat dapat dicegah dan disembuhkan. Pemanfaatan kunyit dalam hal ini bisa digunakan sebagai masker. Pembuatan masker pun sama dengan pembuatan masker untuk mengatasi minyak berlebih, hanya saja penggunaan madu diganti dengan menggunakan air perasan lemon dengan perbandingan bubuk kunyit dan air lemon 2:3.
  3. Kunyit mengandung vitamin C, dimana vitamin C dapat digunakan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri mampu mencegah terjadinya reaksi oksidasi oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Sehingga penggunaan kunyit dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Kunyit dalam hal ini dapat digunakan sebagai masker. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mencampur 2 sendok kunyit bubuk, tepung beras sebanyak 1 sendok, susu sebanyak 1 sendok, dan jus tomat sebanyak 1 sendok. Kemudian, oleskan pada wajah dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu dibasuh dengan menggunakan air dingin.

Demikian beberapa manfaat dan cara pemanfaatan kunyit untuk kecantikan.

Related posts: