Memilih Pompa Sumur Bor Jakarta

By | February 10, 2017

sumur bor jakartaPenentuan jenis pompa air yang tepat, bagus dan sesuai dengan sumur bor Jakarta tentunya merupakan hal yang sangat penting dan harus benar-benar diperhatikan karena hal ini seringkali menimbulkan dampak jangka panjang yang serius. Kesalahan dalam proses pemilihan tentunya akan menimbulkan kerugian bagi yang tidak terhindarkan. Menentukan pompa air yang tepat untuk sumur bor dalam sebenarnya tidak berbeda jauh dengan memilih pompa air lainnya. Yang menjadikan berbeda adalah pada ukuran kedalaman sumur yang harus disesuaikan dengan spesifikasi mesin pompa. Sumur bor memiliki dua jenis kedalaman yaitu sumur bor dangkal dan sumur bor dalam. Jika memiliki kedalaman lebih dari 10 meter tentunya tidak memungkinkan untuk memasang pompa air dangkal karena mengukur keterbatasan daya hisap yang hanya 9 meter.

Bagaimana Memilih Mesin Pompa Untuk Sumur Bor Jakarta

Ada dua jenis mesin pompa air untuk sumur bor Jakarta dalam yaitu pompa jet dan pompa submersible. Mesin pompa jet ini kebanyakan dipasang pada jenis sumur dalam, namun spesifikasi mesin pompa jet ini memiliki keterbatasan daya hisap maksimum yaitu 60 meter. Untuk teknik pemasangannya tidak berbeda jauh dengan pemasangan pompa air sumur dangkal, yang membuatnya berbeda hanyalah pada instalasi pipa hisapnya. Ada dua jalur pipa yang salah satunya memiliki fungsi sebagai pendorong air atau jet  menuju pipa hisap. Penggunaan listrik pada pompa tipe ini terbilang cukup besar karena menggunakan motor elektrik dengan power yang lebih besar dari pompa sumur dangkal.

Sedangkan untuk jenis pompa air submersible tidak memiliki daya hisap dan hanya terdapat data dorong yang mampu dicapai dengan menyesuaikan power mesin terhadap debit air yang dibutuhkan oleh pengguna. Prinsip kerja pompa air ini bertolak belakang dengan pompa jet. Jika pada pompa jet prinsip kerjanya dengan menghisap air, pada pompa submersible ini prinsip kerjanya justru mendorong air. Kelebihan yang dimiliki oleh pompa submersible ini yaitu tersedia untuk berbagai kedalaman sumur bahkan ada yang mampu mencapai kedalaman 200 meter. Namun untuk jenis pompa untuk sumur bor Jakarta adapula kekurangannya yaitu harganya yang relatif mahal dan memiliki sistem kelistrikan yang rumit dan daya listrik yang cukup besar.

Related posts: