Memilih Timbangan Digital yang Tepat

By | April 6, 2017

timbangan digitalBagi Anda yang sedang mencari timbangan digital untuk memudahkan Anda mengukur suatu massa barang maka sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan jika Anda akan membeli timbangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam memilih timbangan karena timbangan juga berbagai macam merek dan kegunaannya. Banyaknya timbangan di pasaran membuat Anda harus semakin selektif dalam memilih timbangan.

Perlukah Meneliti Kapasitas Dan Ketelitian Timbangan Digital?

Setiap orang membutuhkan kapasitas timbangan digital berbeda-beda. Jadi setiap jenis timbangan memiliki kapasitas dan ketelitian yang berbeda pula. Maka dari itu Anda harus memperhatikan kapasitas dan ketelitian agar tidak terjadi kelebihan kapasitas atau Over Load sehingga terhindar dari potensi-potensi yang menimbulkan kerusakan pada perangkat timbangan. Selain petunjuk penggunaan pada setiap produk timbangan digital pastinya juga disertakan petunjuk kapasitas dari timbangan tersebut. Kapasitas timbangan ini bisa diartikan kemampuan maksimal timbangan dalam menimbang. Contoh pada produk timbangan tertulis kapasitas 300 kg, otomatis timbangan tersebut hanya mampu menimbang beban maksimal hingga 300 kg. Lalu perlu dilihat ketelitian pada produk timbangan karena ketelitian merupakan angka kelipatan dari penunjukan timbangan yang digunakan. Dalam hal ini ketelitian sering disebut akurasi atau daya baca. Contohnya ketelitian 1 kg maka penunjukan timbangan adalah hasil dari kelipatan 1 kg. Maka penunjukan akan mencakup 1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg, 5 kg, 6 kg, 7 kg, dan seterusnya. Timbangan dalam kondisi normal memiliki standarisasi kapasitas dan ketelitian tertentu. Intinya dalam kapasitas jenis timbangan yang berbeda, maka akan berbeda pula nilai ketelitiannya.

Pada timbangan normal yang sudah di kalibrasi, semakin besar kapasitas timbangan maka semakin besar pula nilai ketelitiannya. Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan jika akan membeli produk timbangan digital di pasaran. Perlu diketahui, kerusakan timbangan digital tidak hanya diakibatkan karena suku cadang timbangan yang mudah rusak atau bahan yang kurang berkualitas. Akan tetapi Over Load atau menimbang di atas kapasitas yang direkomendasikan juga dapat berpotensi menimbulkan kerusakan. Jadi kerusakan timbangan bukan semata-mata kesalahan produk tapi kemungkinan juga disebabkan oleh kesalahan pengoperasiannya.

Related posts: