Mendoan Primadona Makanan Khas Daerah Banyumas

By | June 23, 2017

makanan khas daerahBanyumas merupakan salah satu kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun tidak sebesar Kota Solo dan Semarang, namun nama Banyumas sudah cukup terkenal di Indonesia. Daerah yang terkenal dengan bahasa ngapak ini juga dikenal dengan berbagai macam makanan khasnya. Makanan khas daerah Banyumas yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah mendoan. Apakah Anda juga telah mengenal jenis makanan yang satu ini? Jika belum, maka mari berkenalan dengan makanan yang biasa disajikan dalam kondisi yang masih hangat ini. Mendoan merupakan salah satu masakan khas yang menjadi kebanggaan daerah Banyumas. Setiap orang yang berkunjung ke Banyumas dan mencicipi makanan yang satu ini pasti akan merasa ketagihan sehingga selalu merindukan suasana Banyumas dengan mendoannya yang menggugah selera. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Mendoan, Makanan Khas Daerah Banyumas Yang Wajib Anda Coba!

Mendoan merupakan salah satu primadona makanan yang khas daerah Banyumas. Bagaimana tidak? Mendoan telah berhasil membuat banyak orang menjadi jatuh cinta setelah mencicipinya. Terbuat dari tempe, mendoan biasa digoreng dengan dilapisi oleh tepung terigu dan digoreng setengah matang. Hal inilah yang menyebabkan mendoan menjadi sangat khas dibandingkan dengan olahan tempe lainnya. Mendoan tidak goreng hingga kering, melainkan hanya digoreng sebentar saja. Oleh karena itu, tekstur mendoan tidak crispy seperti kripik tempe. Selain rasanya gurih dan nikmat karena disantap saat masih hangat, mendoan juga biasa disajikan dengan sambal khas Banyumas. Sambal tersebut memiliki variasi rasa antara pedas, manis, dan asin. Oleh karena itu, rasa mendoan semakin menggiurkan. Tidak hanya itu, kelezatan mendoan juga biasa dinikmati dengan cabai rawit atau dalam bahasa Banyumas biasa disebut dengan nyigit. Baik dimakan bersama sambal maupun cabai rawit, cita rasa mendoan sebagai makanan khas daerah Banyumas tetap menjadi primadona bagi para penggemarnya.

Nah, kini pasti Anda ingin segera mencicipi makanan khas daerah Banyumas tersebut bukan? Jadi, saat berkunjung ke Banyumas  sempatkanlah waktu untuk mencoba masakan lezat dari olahan tempe khas Banyumas tersebut. Dengan makan mendoan hangat bersama keluarga dan sahabat, maka suasana akan menjadi semakin hangat dan dekat. Mendoan banyak dijual di warung-warung di seluruh daerah Banyumas, jadi Anda bisa dengan mudah untuk menemukannya. Silahkan mencoba!

Related posts: