Mengatasi Hipertensi

By | November 15, 2016

tips kesehatanSaat darah dipompa menuju seluruh tubuh oleh jantung, darah akan menerima tekanan pada pembuluh darah yang kemudian disebut sebagai tekanan darah. Tekanan darah biasa disebut dengan dua angka. Contohnya 120/80, yang artinya 120/80 mmHg. Angka 120 merupakan tekanan atas atau tekanan sistolik, yaitu tekanan darah pada pembuluh arteri karena denyutan jantung.  Sedangkan angka 80 merupakan tekanan bawah atau tekanan diastolik, yaitu tekanan  waktu jantung sedang istirahat. Dengan tekanan darah, kita dapat mengecek kondisi kesehatan kita. Hipotensi atau darah rendah ditandai dengan tekanan darah di bawah 90/60. tekanan darah normal antara 90/60 sampai 120/80. Prehipertensi terjadi saat tekanan darah di antara 120/80 sampai 140/90. Hipertensi atau tekanan darah tinggi stadium 1 antara 140/90 sampai 160/100. Hipertensi atau darah tinggi stadium 2 dengan tekanan darah di atas 160/100. Hipertensi terjadi karena penyempitan pembuluh darah, atau peningkatan banyaknya darah di dalam pembuluh darah.

Cara Mengatasi Hipertensi

Penyebab hipertensi di antaranya ada yang bisa dikendalikan dan ada yang tidak. Penyebab yang tidak bisa dikendalikan adalah usia dan keturunan. Sementara itu, faktor yang bisa dikendalikan adalah garam, kolesterol, obesitas, stres, rokok, kafein, dan alkohol. Kurang olahraga juga merupakan salah satu faktor penyebab hipertensi. Mengatasi hipertensi dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi garam. Perbanyak makanan dengan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium. Zat-zat tersebut dapat menurunkan tekanan darah. Hindari minuman yang beralkohol. Berolahragalah dengan teratur. Anda bisa melakukan olahraga ringan misalnya bersepeda, jalan kaki, lari kecil, renang, dan sebagainya. Berolahragalah setidaknya 30 menit dalam satu hari, 3 kali dalam satu minggu.

Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur yang mengandung tinggi serat, misalnya sayuran hijau, tomat, pisang, wortel, jeruk, melon, dan lain sebagainya. Kurangi stres dengan banyak mengambil sikap tenang dan santai dalam menanggapi masalah yang ada. Bagi para perokok, hipertensi dapat diatasi dengan berhenti merokok. Hindari makanan dan minuman yang meningkatkan kolesterol dan diabetes. Dengan tips-tips di atas, diharapkan kita bisa terhindar dari tekanan darah tinggi.

Related posts: