Menguak Definisi Menurut Para Ahli Tentang Karakter

By | January 3, 2017

Definisi Menurut Para AhliSob, tahukah kamu definisi menurut para ahli tentang karakter? Karakter rupanya sedang digodog matang-matang oleh pemerintah terutama dalam hal pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah karakter berarti sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, ataupun watak. Bila dilihat dari asal katanya, istilah karakter rupanya berasal dari bahasa Yunani yakni karraso. Kata ini memiliki arti cetak biru, format dasar, atau sidik seperti sidik jari. Adapun pendapat lain menyatakan bahwa istilah Yunani yang mirip dengan karakter adalah charassein yang memiliki arti membuat tajam atau membuat dalam. Baik karraso maupun charassein sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Lalu bagaimana ya definisi dari ahli?

Definisi Menurut Para Ahli Tentang Karakter

Ada beberapa definisi menurut para ahli tentang karakter.  Sebenarnya, secara konseptual karakter dapat dipahami dalam dua hal. Pertama adalah karakter dengan sifat deterministik. Kedua adalah non deterministik. Karakter dengan sifat deterministik dipahami sebagai sekumpulan kondisi rohani seseorang yang sudah melekat pada dirinya. Sedangkan karakter dengan sifat non deterministik adalah karakter yang dinamis. Menurut Mochtar Lubis, bangsa Indonesia mengalami beberapa karakter yang lemah. Misalnya saja meremehkan mutu, menyukai feodalisme, etos kerja yang buruk, tidak tepat waktu, mengabaikan tanggung jawab yang dimilikinya, tidak berprinsip, kurangnya kreativitas, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana karakter yang baik itu? Menurut Lickona, ada dua kebajikan yang mendasar dalam membentuk karakter yang baik yakni rasa hormat  dan tanggung jawab. Sedangkan yang kedua adalah. Kedua hal tersebut perlu dipegang oleh masing-masing orang.  Rasa hormat dan tanggung jawab inilah yang perlu ditanamkan dalam pendidikan karakter. Tentu saja dalam menanamkan pendidikan karakter kita dapat menambah aspek lainnya selain dua hal yang fundamental tadi. Hal ini dilakukan sejauh kualitas-kualitas itu tidak hanya baik untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain atau kelompok dan benar-benar baik secara objektif. Nah itulah definisi menurut para ahli mengenai karakter yang perlu kita ketahui.

Related posts: