Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Anda

By | November 19, 2016

tips kesehatanUntuk memiliki tubuh yang senantiasa sehat bugar dan juga penuh semangat maka Anda harus mengonsumsi makan-makanan yang bergizi. Selain itu, dengan menjaga pola makan yang sehat juga sangat membantu tubuh Anda selalu fit sepanjang hari. Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna. Jika Anda telah memenuhi semua kriteria tersebut maka sangat mudah untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal dan juga sehat. Di zaman yang serba modern ini terdapat banyak sekali makanan-makanan yang cenderung tidak sehat atau berbahaya karena mengandung zat tertentu. Sebagian masyarakat juga lebih memilih untuk membeli makanan dan tidak menyukai untuk mengolah makanan sendiri yang jauh lebih sehat dan juga higienis.

Saat ini banyak sekali masyarakat dalam usia muda sudah terkena berbagai penyakit kronis dan sangat mematikan. Salah satu penyebabnya yaitu kebiasaan hidup yang tidak sehat. Maka dari itu, bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal serupa mulailah dari sekarang untuk selalu mengatur pola makan yang sehat. Cara untuk mengatur pola makan sehat pertama yaitu dengan memperhatikan kelengkapan gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan juga mineral. Perhatikan jumlah asupan gizi setiap harinya dengan cara mengatur konsumsi gula sebesar 5%, karbohidrat dengan jumlah setengah dari kebutuhan energi Anda. Bagi Anda yang tidak mau mengalami obesitas atau kegemukan maka batasi juga jumlah lemak serta minyak hewani.

Penuhilah sumber zat besi dalam upaya pencegahan anemia atau kekurangan darah. Makanan yang banyak mengandung zat besi, yaitu telur, daging, kacang-kacangan dan juga sayuran hijau. Bagi Anda yang setiap hari melakukan kegiatan atau rutinitas begitu padat biasakan untuk sarapan pagi dengan menu yang sehat seperti gandum dan susu. Hindarilah minuman beralkohol dan juga merokok terlalu banyak karena dapat menyebabkan berbagai penyakit. Bagi Anda yang terpaksa membeli suatu makanan di supermarket sebaiknya baca terlebih dahulu komposisi yang tersedia pada bungkusnya. Jangan lupa juga untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa sehingga Anda tidak akan salah memakan makanan yang sudah basi dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Related posts: