Tahapan Membuat Lamaran Lowongan Kerja

By | March 6, 2017

lowongan kerjaLama menganggur sungguh tidak mengenakkan. Selain jadi bahan pergunjingan di lingkungan sekitar, menganggur dapat menurunkan nilai elektabilitas seseorang. Nasihat yang paling sering terdengar pastinya saran untuk segera mencari lowongan kerja. Kalau sudah begini, tentu yang terbayang di kepala si penganggur adalah ribet dan rumitnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan kriterianya. Belum lagi tahap dan prosedur-prosedur yang harus dilalui ketika akan melamar pekerjaan. Dari mulai mencari-cari informasi lowongan pekerjaan, membuat surat lamaran dan curriculum vitae, fotocopy surat-surat, dan persiapan-persiapan lainnya. Agar tidak kerepotan ketika akan melamar pekerjaan ada baiknya memang sebelumnya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari kelengkapan surat-surat tersebut. Siapkan dalam beberapa jumlah amplop, sehingga ketika dapat informasi lowongan tidak perlu ribet lagi mengurusinya. Namun tahukah bahwa jangan pernah menyepelekan kelengkapan lamaran kerja yang akan dibawa. Hal ini akan sangat mempengaruhi kelanjutan lamaran apakah sampai pada interview atau berakhir tanpa kabar.

Persiapan Melamar Saat Ada Lowongan Kerja

Setelah mencari lowongan kerja di berbagai media seperti media cetak, agency, career center, network maupun internet, maka rencanakan pula bagaimanakah cara mengirim lamarannya. Pengiriman dokumen dapat dilakukan melalui pos, melalui e-mail, atau datang langsung ke perusahaan. Tentu saja sebelumnya persiapkan terlebih dahulu pembuatan dokumen-dokumen lamaran kerja yang diperlukan.

Pelengkap surat lamaran yang dibutuhkan pada umumnya antara lain fotocopy-fotocopy ijazah, transkrip nilai, sertifikat, surat referensi, KTP, SIM, NPWP, dan fotocopy kartu keluarga. Sedangkan dalam pembuatan surat lamaran, hal yang perlu diperhatikan adalah buatlah dalam kertas ukuran HVS atau A4 di print dengan jenis dan ukuran huruf standar. Cantumkan nomor telepon, alamat domisili, alamat e-mail, serta posisi yang dituju yang sesuai dengan lowongan kerja. Selain surat lamaran, buat pula daftar riwayat hidup atau yang lebih dikenal dengan Curriculum Vitae yang berisi data pribadi lengkap, rincian pendidikan formal dan non formal yang pernah ditempuh, pengalaman kerja yang pernah dilalui, serta kemampuan diri. Jangan lupa sematkan foto diri ukuran 3×6 minimal 2 lembar.

Related posts: