Tiga Proses Produksi Mebel Jepara

By | March 16, 2017

mebel jeparaMebel Jepara memiliki harga yang cukup mahal mengingat proses pengerjaannya yang sangat rumit dan detail. Bukan hanya itu saja yang membuat harga dari mebel tersebut mahal, bahan baku yang digunakan juga merupakan bahan baku dengan kualitas yang terbaik yaitu kayu jati. Kayu jati dikenal sebagai salah satu bahan baku untuk pembuatan mebel dengan kualitas yang terbaik karena memiliki jenis kayu dengan ketahanan yang sangat tangguh, tahan terhadap berbagai jenis cuaca ekstrim serta aman dari serangan hama dan rayap yang bisa merusak kualitas kayu. Memilih jenis kayu jati pun juga memerlukan keahlian khusus sehingga didapatkan kualitas yang paling baik untuk dijadikan mebel.

Beberapa Proses Pembuatan Mebel Jepara Yang Rumit dan Detail

Semua pengrajin mebel Jepara tentu memiliki ciri khas masing-masing dalam jenis mebel yang dibuatnya. Namun untuk proses produksi dan tahapan pengerjaannya tentulah sama karena hampir semua jenis mebel memiliki teknik yang sama. Padahal proses itulah yang menjadikan harga mebel menjadi mahal di antara deretan jenis mebel yang ada.

Beberapa jenis proses tahapan pengerjaan mebel khususnya untuk jenis mebel dari Jepara.

  • Pemilihan bahan baku

Umumnya mebel dari Jepara terbuat dari kayu jati atau kayu mahoni. Kedua bahan kayu tersebut memang dikenal memiliki kualitas yang terbaik di kelasnya. Namun harga kayu jati lebih mahal dari kayu mahoni. Sedangkan memilih jenis kayu yang terbaik adalah dengan memilih yang memiliki serat kayu yang terbaik. Setelah itu kayu akan dipotong kemudian dijemur sampai kering dengan sempurna agar supaya saat di proses kayu tidak berubah bentuk.

  • Produksi

Setelah bahan baku kayu siap untuk diproses maka segera dilakukan pembuatan atau produksi mebel yang meliputi pemotongan sesuai bentuk, perakitan dan pengamplasan kayu mebel. Di dalam tahap ini juga akan dilakukan tahap kontrol kualitas di mana akan di cek terlebih dahulu kualitas kayu dan mebel yang sudah jadi.

  • Finishing

Yang terakhir adalah tahap finishing di mana akan di lakukan tahap pemasangan jok kursi, kontrol finishing serta packing mebel untuk siap di kirim ke daerah pemesan. Demikian beberapa jenis proses pembuatan dari mebel Jepara.

Related posts: