Tips Gunakan Wadah Styrofoam Untuk Makanan

By | March 22, 2017

tips kesehatanMasih banyak dari kita yang menggunakan wadah yang terbuat dari styrofoam untuk keperluan mengemas makanan atau minuman yang akan kita konsumsi. Padahal menurut beberapa penelitian penggunaan wadah styrofoam untuk tujuan pengemasan makanan dan minuman sangat tidak di anjurkan karena kandungan bahan kimia yang ada di dalam bahan pembuat styrofoam sangat mudah terurai dan membaur bersama makanan yang kita konsumsi. Dan jika bahan itu sampai masuk ke dalam tubuh kita maka akan menyebabkan berbagai penyakit di antaranya adalah kanker.

Kita semua tahu penggunaan styrofoam banyak di gunakan oleh para penjual makanan dan minuman untuk mengemas produk yang mereka jual dengan alasan lebih praktis dan murah. Pihak BPOM sendiri juga menyatakan bahwa styrofoam yang di jual di pasaran aman untuk menjadi wadah kemasan makanan dan minuman namun dengan beberapa syarat yang telah di tentukan yaitu bukan untuk wadah makanan dan minuman yang panas. Lalu bagaimana jika kita terpaksa harus menggunakan wadah styrofoam untuk keperluan mengemas makanan dan minuman yang panas dengan aman tanpa efek samping yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kita?

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan wadah styrofoam dengan aman meski untuk makanan dan minuman yang panas.

  • Gunakan alas

Jika Anda harus menggunakan styrofoam untuk mengemas makanan atau minuman yang panas maka sebaiknya Anda alasi terlebih dahulu wadah styrofoam tersebut dengan menggunakan kertas minyak atau daun yang aman untuk makanan sehingga makanan yang di kemas tidak langsung bersentuhan dengan styrofoam.

  • Dinginkan terlebih dahulu

Anda bisa mendinginkan terlebih dahulu makanan yang akan di kemas sehingga bahan kimia yang ada di dalam bahan pembuat styrofoam tidak mudah larut dan tercampur di dalam makanan tersebut. Salah satu penyebab styrofoam menjadi berbahaya adalah karena larutnya bahan kimia yang ada di dalam bahan styrofoam akibat panas dari makanan yang di kemas.

  • Langsung pindahkan

Jika Anda harus membawa makanan atau minuman panas dengan menggunakan wadah styrofoam, maka setelah Anda sampai di rumah atau tempat tujuan segera pindahkan makanan ke wadah yang lebih aman sebagai tempat menyimpan makanan yang Anda kemas tadi.

Related posts: