Tips Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

By | March 13, 2017

tips kesehatanHal yang sering mengganggu bagian selangkangan salah satunya adalah gatal, apalagi gatal  yang terjadi saat melakukan aktivitas sehari–hari tentu akan sangat mengganggu Anda. Rasa gatal ini bisa terjadi pada semua orang baik pria maupun wanita, hal ini terjadi karena adanya jamur yang singgah  pada selangkangan. Seperti apa yang telah Anda ketahui jamur mudah sekali berkembang pada tempat yang lembab. Maka demi kenyamanan diri saat melakukan aktivitas sebaiknya kita harus menjaga kebersihan area selangkangan supaya  terhindar dari bakteri dan jamur. Ternyata selain bakteri dan jamur ada beberapa faktor yang menyebabkan gatal pada selangkangan yaitu pemakaian pakaian yang berbahan kasar dan ukuran celana yang sempit atau kurang longgar.

Bagaimanakah Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan?

Banyak cara untuk mengatasi gatal pada selangkangan seperti menggunakan celana yang longgar, seperti apa yang kita ketahui bersama  penggunaan pakaian yang longgar dapat mengurangi kemungkinan rasa gatal pada selangkangan. Hal ini dikarenakan pakaian yang longgar dapat mengurangi gesekan antara pakaian dan kulit, sangat berbeda saat menggunakan pakaian yang ketat, gesekan antara celana dan kulit yang terjadi tidak dapat dihindari. Selain itu, menggunakan krim anti jamur , krim anti jamur bisa kita dapat dari apotik terdekat. Disarankan menggunakan krim anti jamur yang mempunyai kandungan 1% hydrocortisone. Penggunaannya bisa dilakukan 2 kali sehari dengan cara dioleskan pada selangkangan. Alangkah lebih baik apa bila penggunaan krim anti jamur setelah mandi, agar kulit yang diolesi masih dalam kondisi yang bersih. Cara menjaga kebersihan selangkangan ini sangat ampuh untuk pencegahan gatal pada selangkangan. Jika selangkangan dalam kondisi lembab dan kotor tentu saja jamur dan bakteri sangat mudah berkembang biak. Cara ini sangat mudah, dengan cara mengeringkan bagian selangkangan terlebih dahulu sebelum menggunakan pakaian.

Dari beberapa point yang terkait dalam artikel tentang pencegahan gatal pada selangkangan ini dapat kita simpulkan bahwa , jika bagian tubuh kita mudah sekali berkeringat maka kita harus segera mandi setelah melakukan aktivitas. Selain itu, mengurangi penggunaan pakaian ketat agar mengurangi gesekan yang timbul antara celana dan kulit. Rutin lah  mengganti celana dalam agar kenyamanan tetap terjaga. Dan yang terakhir penggunaan handuk pribadi untuk mengeringkan badan agar penularan jamur  terminimalisir.

Related posts: