Tips Mengatasi Lunglai, Letih, Lesu, Akibat Anemia

By | December 1, 2016

tips kesehatanSering mengalami lesu pada tubuh Anda? Apa sih itu anemia? Anemia merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan sel darah merah. Kurangnya sel darah marah biasanya disebabkan kurangnya asupan mineral seperti zat besi untuk tubuh kita sehingga kita selalu merasa lemas dan letih ketika menjalani suatu kegiatan. Karena zat besi besi sangat memiliki fungsi yang penting untuk menjadi katalis pada enzim-enzim dan juga besi merupakan atom utama yang berperan dalam membentuk hemoglobin atau sel darah merah. Bagi kalian para wanita yang mengalami menstruasi mengkonsumsi zat besi merupakan hal yang sangat penting agar tubuh tetap bugar tidak mengalami keletihan karena kekurangan banyak darah. Besi di dalam tubuh kita normalnya terkandung dalam jumlah tiga hingga empat gram zat besi. Oleh karena itu kekurangan zat besi merupakan suatu hal yang sangat berbahaya karena tidak ada zat yang dapat membentuk sel darah merah untuk mengganti darah kita yang hilang.

Zat besi dapat diperoleh dari berbagai asupan makanan seperti daging sapi segar, sayur-sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, katuk, dan beberapa jenis buah. Dalam daging sapi segar biasanya mengandung zat besi yang banyak untuk penderita gejala anemia sangat cocok mengkonsumsi ini, sayur bayam  tak lupa merupakan produksi utama zat besi, dalam sayur banyak dapat mencukupi asupan zat besi dalam tubuh kita. ingat kartun popeye yang memakan bayam lalu menjadi kuat? Karena bayam mengudung cukup zat besi untuk asupan tubuh kita sehingga membuat tubuh kita menjadi bugar dan prima.

Mengkonsumsi suplemen juga dapat membantu untuk mengatasi gangguan anemia, namun suplemen yang banyak tidak dianjurkan karena jika berlebihan kita akan merasa mual, atau muntah bahkan pingsan. Oleh sebab itu konsumsilah makanan yang alami dan baik untuk kesehatan. Tak lupa untuk penderita anemia harus memiliki istirahat yang cukup karena proses respirasi sel berjalan ketika kita sedang tidur dan organ tubuh beristirahat oleh sebab itu istirahat juga merupakan hal yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Related posts: