Tunjangan Guru Fungsional Non PNS

By | December 10, 2016

universitas terbuka (ut)Adanya tunjangan guru fungsional untuk non PNS tentu menjadi kabar gembira bagi para tenaga pendidik yang masih honorer. Saat ini, sudah tersedia tunjangan fungsional untuk guru non PNS yang bekerja di bawah naungan Kementerian Agama. Hal ini sudah diputuskan melalui surat Dirjen Pendidikan Islam nomor 1029 tahun 2016 yang membahas mengenai juknis subsidi tunjangan untuk guru non PNS di bawah Kemenag pada tahun 2016. Ingin tahu mengenai persyaratan pengajuan dan cara pendaftarannya? Simak informasi berikut ini untuk menemukan jawabannya.

Persyaratan dan Pendaftaran Tunjangan Guru Fungsional Non PNS

Mari kita mulai dengan membicarakan persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan tunjangan tersebut. Ada setidaknya lima berkas yang perlu disiapkan oleh guru non PNS yang hendak mendapat tunjangan. Pertama adalah dokumen S25 yang bisa dicetak di layanan Simpatika. Berkas ini digunakan untuk membuktikan bahwa guru tersebut memang masih aktif mengajar. Kedua adalah SK guru tetap. SK guru tetap untuk pengajuan tunjangan guru non PNS yang perlu Anda sertakan dalam berkas pendaftaran adalah SK baik yang dikeluarkan Kepala Kemenag ataupun yang dikeluarkan ketua yayasan. Selanjutnya, ada juga Surat Keterangan mengajar serta jadwal pelajaran yang harus dimasukkan dalam berkas. Kemudian, Anda juga perlu melampirkan fotokopi ijazah S1 serta Surat Pernyataan Kinerja untuk melengkapi berkas pendaftaran tersebut.

Setelah melengkapi semua berkas yang dibutuhkan untuk pengajuan tunjangan fungsional ini, Anda harus mengajukan usul tunjangan tersebut melalui Dinas pendidikan Kabupaten atau Kota untuk selanjutnya diproses ke pusat. Lalu, siapakah yang berhak atas tunjangan tersebut? mereka adalah tenaga pendidik non PNS di bawah naungan Kemenag yang jam mengajarnya sudah mencapai 24 jam seperti yang tertera pada SK pembagian tugas. Dan mereka setidaknya sudah pernah bekerja selama lima tahun untuk sekolah swasta dan enam tahun untuk pengajar sekolah negeri. Besaran tunjangannya sendiri adalah Rp 250.000 per bulan atau Rp 3.000.000 per tahunnya. Itulah persyaratan dan cara mendaftar tunjangan guru fungsional non PNS.

Related posts: